Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Syariah Terhadap Kesehatan Fisik Dan Spiritual Siswa MTsN 1 Kepulauan Sula
Keywords:
Pendidikan jasmani syariah, Kesehatan holistik, Remaja MuslimAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran pendidikan jasmani berbasis syariah terhadap kesehatan fisik dan spiritual siswa MTsN 1 Kepulauan Sula. Menggunakan pendekatan mixed-method, penelitian ini melibatkan 200 siswa yang mengikuti program pendidikan jasmani berbasis syariah selama satu semester. Data kuantitatif dikumpulkan melalui Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI), pengukuran Indeks Massa Tubuh (IMT), Kuesioner Aktivitas Fisik (PAQ-A), Skala Kesejahteraan Spiritual (SWBS), Kuesioner Religiusitas, dan Skala Kecerdasan Spiritual (SQ). Data kualitatif diperoleh melalui wawancara mendalam dan focus group discussion. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kebugaran jasmani (p < .001), tingkat aktivitas fisik (p < .001), kesejahteraan spiritual (p < .001), religiusitas (p < .001), dan kecerdasan spiritual (p < .001). Analisis kualitatif mengungkapkan tema-tema seperti peningkatan motivasi intrinsik dalam aktivitas fisik dan penguatan hubungan antara kesehatan fisik dan nilai-nilai spiritual. Korelasi positif yang moderat (r = 0.42, p < .001) ditemukan antara peningkatan kebugaran jasmani dan kesejahteraan spiritual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan jasmani berbasis syariah berpotensi meningkatkan kesehatan fisik dan spiritual siswa secara simultan, meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkaji efektivitas jangka panjang dan aplikasi yang lebih luas.