Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Group Investigation Di Kelas IX A MTs. Negeri 3 Tidore

Authors

  • Mahani A.Kadir MTsN 3 Tidore, Maluku Utara.Indonesia

Keywords:

Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS, Metode Group Investigation

Abstract

Beberapa masalah yang ada dalam pembelajaran IPS adalah kurangnya minat siswa, materi pembelajaran yang terlalu banyak, dan rendahnya hasil belajar siswa. Masalah paling mendesak yang perlu diselesaikan dalam pembelajaran IPS adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode Group Investigation. Penelitian ini dilakukan di kelas IX A MTs. Negeri 3 Tidore dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Fokusnya adalah peningkatan hasil belajar siswa di setiap siklus. Tahapan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, refleksi/evaluasi, dan tindak lanjut. Data dikumpulkan dari hasil uji kompetensi yang dibandingkan dengan standar minimal atau Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), serta skor dari hasil kerja siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Pencapaian KKM dalam uji kompetensi sebesar 34,78% pada siklus 1, 63,64% pada siklus 2, dan 78,26% pada siklus 3.Tingkat aktivitas siswa mencapai 52,17% pada siklus 1, 86,36% pada siklus 2, dan 91,30% pada siklus 3. Rata-rata skor hasil lembar kerja siswa adalah 76,66 pada siklus 1, 86,36 pada siklus 2, dan 91,66 pada siklus 3.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

##section.default.title##