https://e-jurnal.staibabussalamsula.ac.id/index.php/JUANGA/issue/feed JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 2024-09-10T07:29:08+00:00 Tamsin Yoioga tamsinyoioga@yahoo.co.id Open Journal Systems <p><span style="font-family: helvetica; font-size: small;"><span style="font-family: helvetica; font-size: medium;">JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan </span></span><span style="font-family: helvetica; font-size: small;"><span style="font-family: helvetica; font-size: medium;">berisi tentang persoalan agama dan ilmu pengetahuan secara umum diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Babussalam Sula. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun.</span></span></p> https://e-jurnal.staibabussalamsula.ac.id/index.php/JUANGA/article/view/137 Analisis Teori Pendidikan Multikultural Menurut Martin J. Beck Matustik Dan Judith M. Green Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam 2024-07-20T09:22:25+00:00 Sahrul Takim takim.sahrul@1gmail.com <p>Dalam dunia pendidikan islam, pemahaman mengenai keragaman budaya atau multikultur perlu dimiliki seluruh anggota masyarakat untuk menghindari konflik yang mungkin terjadi akibat perbedaan-perbedaan yang ada. Keberaragaman yang terjadi di keluarga, sekolah atau di masyarakat kurang mendapatkan perhatian, bahkan kurang di kelola dengan baik serta tujuan pendidikan nasional yang masih belum tercapai maksimal. Pendidikan multikultural yakni suatu strategi yang diaplikasikan sebagai pendekatan untuk memoles paradigma tentang keragaman (multikultural) yang ada di dalam kehidupan manusia. Dalam hal ini terutama diaplikasikan kepada peserta didik sebagai tonggak dalam memajukan peradaban yang bermartabat. Pendidikan multikultural harus dipahami oleh setiap individu agar tercipta harmonisasi kehidupan antar sesama seperti saling menghargai, meyakini eksistensi keragaman, dan merealisasikannya sesuai dengan tatanan kehidupan yang berlaku di masyarakat untuk meningkatkan penghargaan terhadap keragaman etnik dan budaya masyarakat.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan https://e-jurnal.staibabussalamsula.ac.id/index.php/JUANGA/article/view/138 Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengurangi Kekerasan Seksual Anak Di Kota Sanana 2024-07-20T13:09:46+00:00 Amirudin Yakseb suabalehaa@gmail.com <p>Kekerasan seksual anak merupakan salah satu masalah sosial yang serius dan kompleks, khususnya di Kota Sanana. Berbagai data menunjukan bahwa sejak Desember 2023 terdapat 56 kasus kekerasan Perempuan dan Anak yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Sula sejak tahun 2023, dimana dari 46 kasus tersebut 12 diantaranya di dominasi oleh kasus kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan agama Islam dalam mengurangi insiden kekerasan seksual terhadap anak di wilayah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menujukan bahwa dari tahun ketahun tingkat kekerasan seksual di kota Sanana selalu naik hal ini disebabkan sebagian besar palakunya adalah orang dekat. Baik tetangga maupun sanak saudara. Dimana korban masih memiliki hubungan keluarga dekat dengan palaku</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan https://e-jurnal.staibabussalamsula.ac.id/index.php/JUANGA/article/view/139 Tantangan Bimbingan Konseling Di Era Teknologi Informasi 2024-07-20T13:32:52+00:00 Ria Hayati riahayati@iain-ternate.ac.id Muhammad Taufik Titdoy Taufik253@gmail.com <p>Teknologi dan informasi telah mempengaruhi bidang bimbingan konseling dengan cara yang signifikan. Penggunaan teknologi informasi dalam bimbingan konseling telah membawa perubahan dalam aksesibilitas, komunikasi, sumber daya pendukung, dan cara pemantauan dapat secara mandiri dilakukan. Namun, dengan manfaat yang ditawarkan oleh teknologi informasi juga hadir tantangan terkait dengan privasi, keamanan data, dan kepatuhan terhadap etika profesional dalam penggunaannya. Masalah penelitian ini adalah bimbingan konseling di era teknologi informasi. Tujuannya adalah untuk menggali isu-isu terkait penggunaan teknologi dalam metode perpustakaan bimbingan konseling, dampak pada klien, dampak pada konselor dan dampak pada proses bimbingan konseling. Hasil penelitian ini terdapat 8 (delapan) potensi teknologi komputer berbasis internet yang dapat digunakan untuk bimbingan dan konseling; (1) <em>E-mail</em>/surat elektronik; (2) Website/<em>Homepages</em>/Blog; (3) Komputer konfrensi video; (4) Sistem <em>Bulletin Board /listservs/ newsgroups</em>; (5) Simulasi terkomputerisasi; (6) Pangkalan data <em>FTP Sites</em>; (7) <em>Chat Rooms I Electronic Discussion groups</em>; (8) <em>Software</em> berbasis internet.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan https://e-jurnal.staibabussalamsula.ac.id/index.php/JUANGA/article/view/140 Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di MAN 1 Ternate 2024-07-20T13:41:41+00:00 Lin Baharuddin lintabona72@gmail.com <p>Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris di MAN 1 Ternate. Metode deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus instrumental digunakan dalam penelitian ini. Siswa kelas X dibagi menjadi kelompok eksperimen (PjBL) dan kelompok kontrol (metode pembelajaran konvensional).Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil evaluasi formatif dan sumatif menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penguasaan tata bahasa, keterampilan berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis bahasa Inggris di antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode PjBL. Siswa dalam kelompok PjBL juga menunjukkan motivasi yang lebih tinggi dan keterlibatan aktif dalam proyek-proyek yang relevan dengan konteks lokal di Ternate. Temuan ini menunjukkan bahwa PjBL dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris, memperkuat koneksi antara teori dan praktik, serta mengembangkan keterampilan abad ke-21 yang penting bagi siswa di era global saat ini.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan https://e-jurnal.staibabussalamsula.ac.id/index.php/JUANGA/article/view/141 Pengaruh Pendekatan Differentiated Instruction (Di) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa MTs N 1 Sanana Dalam Kurikulum Merdeka 2024-07-20T13:48:33+00:00 Hatim Soamole hatimsoamole70@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh pendekatan Differentiated Instruction (DI) terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa di MTs N 1 Sanana dalam konteks Kurikulum Merdeka. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk menggali implementasi DI melalui observasi kelas, wawancara mendalam dengan guru, dan diskusi kelompok terfokus dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi DI seperti flexible grouping, tiered assignments, dan choice boards dapat meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan kemandirian siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Namun, guru menghadapi tantangan dalam hal waktu, sumber daya, dan pengelolaan kelas. Temuan ini menyoroti pentingnya dukungan sistemik, pengembangan profesional berkelanjutan, dan adaptasi kontekstual untuk keberhasilan implementasi DI. Penelitian ini menyarankan perlunya integrasi DI dalam praktik pembelajaran bahasa Inggris di MTs, terutama di wilayah Indonesia Timur, untuk mendukung pencapaian tujuan Kurikulum Merdeka</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan https://e-jurnal.staibabussalamsula.ac.id/index.php/JUANGA/article/view/161 Pengaruh Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Di Kelas IXA MTsN 1 Kepulauan Sula 2024-08-04T10:39:04+00:00 Rahma Fatmona rahmafatmona78@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MTs Negeri 1 Kepulauan Sula. Bab 1 membahas latar belakang dan tujuan penelitian, serta landasan teori yang mendukung penelitian ini. Bab 2 menjelaskan metode penelitian yang digunakan, termasuk desain penelitian, tempat dan waktu penelitian, subjek penelitian, dan prosedur pengumpulan data. Bab 3 membahas hasil penelitian, termasuk keterampilan berpikir kritis awal siswa, pengembangan rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi hasil pembelajaran. Bab 4 menyajikan pembahasan hasil penelitian, kesimpulan, dan saran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PTK dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa secara signifikan. Dengan menggunakan metode pembelajaran aktif dan berbasis masalah, guru dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dan memperbaiki kinerja guru.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan https://e-jurnal.staibabussalamsula.ac.id/index.php/JUANGA/article/view/163 Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Arab Di Kelas IX A MTsN 1 Kepulauan 2024-08-06T14:15:40+00:00 Naim Bay naimbay1974@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media audio-visual dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab di kelas IX A MTsN 1 Kepulauan Sula. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-test dan post-test serta kelompok kontrol. Sampel terdiri dari dua kelas: kelompok eksperimen yang menggunakan media audio-visual dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio-visual menghasilkan peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca, dengan skor rata-rata post-test kelompok eksperimen meningkat dari 65 menjadi 85, sementara kelompok kontrol hanya meningkat dari 66 menjadi 71. Data kuesioner persepsi siswa juga menunjukkan bahwa media audio-visual meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Observasi mendukung hasil ini dengan menunjukkan aktivitas yang lebih tinggi di kelompok eksperimen. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media audio-visual efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab dan merekomendasikan integrasi media ini dalam proses pembelajaran.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan https://e-jurnal.staibabussalamsula.ac.id/index.php/JUANGA/article/view/169 Implementasi Program Kesehatan Dan Kebugaran Di MTsN1 Kepulauan Sula: Studi Kasus Kelas IX 2024-08-11T03:49:34+00:00 Arifin Yoisangaji arifinyoisangdji4@gmail.com <p style="text-align: justify; margin: 0cm 1.0cm .0001pt 1.0cm;"><span style="font-size: 10.0pt; font-family: 'Minion Pro','serif';">Penelitian ini mengevaluasi efektivitas program kesehatan dan kebugaran di MTsN 1 Kepulauan Sula dengan fokus pada siswa kelas IX. Program ini dirancang untuk meningkatkan kebugaran fisik, kesehatan mental, dan perilaku siswa melalui pendekatan yang kontekstual dan holistik. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil menunjukkan bahwa implementasi program berhasil meningkatkan tingkat kebugaran siswa, mengurangi absensi akibat masalah kesehatan, serta memperbaiki pemahaman tentang gizi dan kesejahteraan mental. Aktivitas fisik yang disesuaikan dengan lingkungan lokal, penyediaan makanan sehat, serta integrasi kegiatan konseling dan mindfulness terbukti efektif. Namun, tantangan seperti keterbatasan fasilitas olahraga dan minimnya tenaga kesehatan perlu diatasi untuk memaksimalkan manfaat program. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan program kesehatan dan kebugaran di sekolah-sekolah di daerah terpencil, dan berkontribusi pada upaya peningkatan kesehatan dan pendidikan di tingkat lokal.</span></p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan https://e-jurnal.staibabussalamsula.ac.id/index.php/JUANGA/article/view/170 Pengaruh Aktivitas Fisik Terhadap Kesehatan Mental Siswa Kelas Ix Mtsn 1 Kepulauan Sula 2024-08-13T00:15:51+00:00 Arifin Yoisangaji arifinyoisangdji4@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh aktivitas fisik terhadap kesehatan mental siswa kelas IX di MTsN 1 Kepulauan Sula. Dengan menggunakan metode survei, wawancara, dan pengukuran aktivitas fisik serta kesehatan mental, studi ini menemukan bahwa keterlibatan dalam aktivitas fisik secara teratur berdampak positif terhadap kesehatan mental siswa. Hasil menunjukkan bahwa siswa yang berpartisipasi dalam aktivitas fisik tiga hingga lima kali seminggu memiliki tingkat gejala depresi, kecemasan, dan stres yang lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang kurang aktif secara fisik. Penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor penghambat seperti keterbatasan fasilitas olahraga dan motivasi pribadi, serta faktor pendukung seperti dukungan dari guru dan keluarga. Temuan ini menunjukkan pentingnya integrasi aktivitas fisik dalam rutinitas harian siswa dan dukungan dari lingkungan sekolah dan komunitas untuk meningkatkan kesehatan mental siswa. Penelitian ini menyarankan peningkatan akses ke fasilitas olahraga dan program ekstrakurikuler sebagai langkah strategis untuk mempromosikan kesejahteraan mental melalui aktivitas fisik.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan https://e-jurnal.staibabussalamsula.ac.id/index.php/JUANGA/article/view/172 Peran Pemikiran Islam Dalam Transformasi Pendidikan Multikultural Di Indonesia 2024-09-10T07:29:08+00:00 Ansar Tohe ansartohe@iain-ternate.ac.idansartohe2024 <p>Penulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pemikiran Islam dalam transformasi pendidikan multikultural di Indonesia, terutama di lembaga pendidikan Islam. Melalui pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, penelitian ini menganalisis upaya integrasi nilai-nilai Islam ke dalam kurikulum pendidikan multikultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga pendidikan Islam telah mulai mengembangkan kurikulum yang mencakup reinterpretasi konsep ukhuwah dalam konteks yang lebih luas, mencakup ukhuwah Islamiyah, wathaniyah, dan basyariyah, serta pengembangan "fikih toleransi." Selain itu, metode pembelajaran juga telah mengalami transformasi menuju pendekatan dialogis yang menekankan interaksi positif antar umat beragama, dengan penggunaan kisah-kisah multikultural dari sejarah Islam. Meskipun begitu, tantangan seperti resistensi dari kelompok konservatif dan keterbatasan sumber daya masih menjadi hambatan dalam implementasi pendidikan multikultural ini. Temuan menunjukkan adanya peningkatan kesadaran multikultural di kalangan siswa dan mahasiswa, serta pemahaman Islam yang lebih inklusif. Inovasi kurikulum dan adopsi teknologi juga telah diinisiasi oleh lembaga-lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemikiran Islam progresif memiliki potensi signifikan dalam mentransformasi pendidikan multikultural di Indonesia, meskipun diperlukan upaya berkelanjutan dan dukungan sistematis untuk mengatasi tantangan yang ada.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JUANGA: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan