Peran Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Memahami Konsep-Konsep Syariah Di MTsN 1 Kepulauan Sula"
Keywords:
Pembelajaran bahasa Arab, pemahaman syariah, Madrasah TsanawiyahAbstract
Penelitian ini mengkaji peran pembelajaran bahasa Arab dalam memahami konsep-konsep syariah di MTsN 1 Kepulauan Sula. Dengan menggunakan metode campuran, penelitian ini melibatkan 180 siswa dan 5 guru melalui tes, survei, wawancara, dan observasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan korelasi positif yang signifikan (r = 0.68, p < 0.01) antara kemampuan bahasa Arab dan pemahaman konsep syariah. Temuan utama meliputi: (1) dominasi metode gramatika-terjemah dalam pembelajaran, (2) keterbatasan sumber daya pembelajaran, (3) variasi tingkat penguasaan bahasa Arab siswa dengan kelemahan pada keterampilan produktif, dan (4) persepsi positif terhadap pentingnya bahasa Arab dalam memahami syariah. Tantangan utama mencakup kurangnya exposure bahasa Arab, kesulitan merekrut guru berkualitas, dan dampak pandemi COVID-19. Sekolah telah menerapkan beberapa strategi inovatif, namun masih memerlukan pengembangan lebih lanjut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun pembelajaran bahasa Arab berperan penting dalam pemahaman syariah, diperlukan pendekatan komprehensif untuk mengatasi tantangan yang ada, termasuk peningkatan kualitas sumber daya, pengembangan metode pembelajaran yang efektif, dan penguatan integrasi antara pembelajaran bahasa Arab dan materi syariah.